Sabtu, 24 Desember 2011

Melindungi Email dari Spam

Apa itu SPAM?
Spam adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk sebagian media penyiaran, sistem pengiriman digital) untuk mengirim pesan massal yang tidak diminta tanpa pandang bulu. Bentuk yang paling banyak diakui spam adalah email spam.

Darimana SPAM ini berasal ?
Spam ini hanya datang dari spammer dan tidak pernah dari pengguna yang sah atau perusahaan. Ini spammer mengirimkan sebuah email ke ratusan (beberapa kali ribuan atau jutaan) alamat email pada suatu waktu. Mereka juga mengirim secara manual atau menggunakan spambots untuk mengotomatisasi proses spamming.


Mengapa spammer SPAM?
Tujuan utama spammer adalah mengirimkan (pesan massal yang tidak diminta) spam ke orang sebanyak mungkin untuk membuat keuntungan. Sebagai contoh, dimazgogon membangun situs web kecil untuk menjual sebuah ebook yang memberikan informasi tentang penurunan berat badan. Dalam rangka untuk membuat penjualan ia membutuhkan publisitas untuk situs web. 

Daripada menghabiskan uang untuk iklan, dimazgogon memutuskan untuk membuat sebuah email yang berisi informasi tentang situs-nya bersama dengan link itu dan mengirim email ini untuk mengatakan 100 alamat email dalam daftar kontak. Jika 1 orang dari seratus membeli buku ini dimazgogon mendapat $ 10. Bagaimana jika dia mengirimkan email ini ke alamat email 1000s. Dia mendapat $ 100. Bayangkan, jika dia mengirimkan email ini ke 1 Juta alamat email dia mendapat $ 100000.

Saya berharap anda mengerti ide di balik spamming. Jadi dalam rangka untuk membuat uang, spammer mengirimkan email iklan mereka kebeberapa orang sebanyak mungkin tanpa menghargai privasi penerima

Dari mana spammer mendapatkan alamat email?
Di Internet terdapat banyak situs yang mengumpulkan ID email orang dan menjualnya kepada spammer dalam jumlah besar. Paling sering, orang mendaftar untuk newsletter bulanan dan mengambil survei. Ini adalah waktu di mana situs scam mendapatkan alamat email mereka. Juga banyak spammer mengumpulkan alamat email dengan menggunakan robot spam .

Ini spambot mengumpulkan alamat email dari internet dalam rangka membangun milis. Spambot tersebut web crawler yang bisa mengumpulkan alamat email dari situs Web, newsgroup, forum, kelompok minat khusus (SIG) posting, dan chatting kamar percakapan.

Spammer juga menggunakan trik menciptakan Hoax Email untuk mengumpulkan daftar besar email ID. Sebagai contoh, spammer mengirimkan email tipuan yang mengatakan  “Forward this Message to Help Severely Burned Child” . Ini email yang mengklaim 11 sen akan disumbangkan untuk keluarga anak setiap kali pesan dikirim ke orang lain . Sebagian besar orang percaya ini dan mulai forwarding email ini hoax ke semua ID di daftar kontak mereka.

Dengan cara ini email menyebar dengan cepat dan akhirnya saat mencapai pencipta (spammer), spammer mendapatkan daftar besar alamat email yang valid di header email. Ketika anda mendapatkan email semacam ini tipuan, Anda bisa lihat sendiri di header email yang berisi daftar besar alamat email dari semua orang-orang kepada siapa email yang sedang diteruskan ke. Ini adalah salah satu metode yang efektif digunakan oleh spammer untuk mengumpulkan alamat email.

Apakah hukum Spamming?
Spamming adalah benar-benar ilegal. Namun sangat sulit untuk menghentikan spamming spammer karena mereka terus bergerak dari satu perusahaan hosting yang lain setelah mendapatkan yang dilarang. Hal ini membuat hampir mustahil untuk menangkap spammer dan mengadili mereka.

Bagaimana melindungi account email dari spammed?
Metode berikut dapat digunakan untuk memerangi spam email.
  1. Gunakan filter spam untuk account email Anda. Jika Anda menggunakan layanan email seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dll, maka filter spam yang digunakan oleh defaut. Setiap filter spam memiliki algoritma itu untuk mendeteksi email spam dan secara otomatis akan memindahkan mereka ke folder SPAM. Hal ini membuat kotak masuk Anda bebas dari spam. Namun beberapa email spam menjadi sukses untuk membuat jalan mereka ke dalam kotak masuk dengan berhasil melewati filter.
  2. Jangan posting alamat email anda di forum publik, komentar pengguna dan chat-kamar. Berikan alamat email anda hanya untuk situs-situs yang dapat dipercaya saat sign up untuk newsletter.
  3. Sementara mengambil survei online dan mengisi formulir tanggapan, lebih baik untuk tidak memberikan alamat email pribadi. Sebaliknya singup untuk akun email dummy dan menggunakan ini untuk survei dan bentuk umpan balik.
  4. Sementara posting alamat kontak email anda di situs Web menggunakan format ini: EmailAddress[at]yoursite.com bukan emailaddress@yoursite.com . Ini melindungi alamat email dari diindeks oleh robot spam.
  5. Jangan menanggapi pesan tipuan. Bila anda menerima email tipuan, hindari meneruskan ke teman-teman. Contoh pesan hoax dapat ditemukan di www.hoax-slayer.com . Jika anda benar-benar ingin meneruskannya ke teman-teman, pastikan bahwa anda menggunakan "Bcc" (blind carbon copy) pilihan untuk mengirim email. Ini akan menyembunyikan semua ID email yang surat diteruskan ke.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Domain